Tuesday, June 5, 2007

Badan setengah berkeringat....

Assalamualikum, wr.wb

Dokter saya ingin menanyakan tentang masalah kesehatan yang ingin saya tanyakan, dok, mengapa setiap malam hari badan saya berkeringat dan setengah lagi kering? Apakah hal itu merupakan suatu tanda kalau saya itu punya penyakit tertentu? Dan kalau iya, apa yang seharusnya saya lakukan. Saya mohon Dokter bisa bantu saya menemukan apa yang sebenarnya terjadi pada saya, terima kasih.
Wassalam,
Davian-Jawa Timur

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh Davian,
Keringat malam hari bisa merupakan sebuah pertanda adanya suatu penyakit atau bukan. Ada beberapa penyakit yang mungkin menyebabkan keingat berlebih pada malam hari, antara lain infeksi (TBC, infeksi jamur, bisul pada paru – paru, HIV, dan lain-lain), keganasan, gangguan hormonal seperti menjelang menopause, diabetes mellitus, dan tumor endokrin (kelenjar hormon), kecemasan, penggunaan obat-obatan serta berbagai penyakit lain yang jarang. Pada kondisi tersebut, selain keluhan keringat malam hari, terdapat juga keluhan lain yang menyertai tergantung penyebab.
Mengenai keluhan yang Davian sampaikan, sebaiknya Davian berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam guna menyingkirkan penyakit yang mungkin mendasari timbulnya keringat berlebih pada malam hari. Dokter akan melakukan wawancara lebih lanjut untuk menemukan keluhan lain yang mendukung adanya suatu penyakit serta melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menegakkan menemukan penyebab sebenarnya.
Pemeriksaan penunjang akan dilakukan sesuai dengan arah kecurigaan adanya penyakit tersebut yang didapat dari anamnesa (wawancara) dan pemeriksaan fisik. Apabila dalam wawancara, atau pemeriksaan fisik tidak ditemukan kecurigaan adanya penyakit tertentu yang mendasari, maka keluhan tersebut mungkin bukan pertanda sebuah penyakit.
Karena informasi yang Davian sampaikan terbatas, untuk sementara itu yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat! Wallahu a’lam.

No comments: