Saturday, June 9, 2007

Bibir vagina kerap kali gatal..?

Assalamualikum wr.wb

Dok, usia saya 21 tahun, saya mempunyai keluhan yakni di bibir vagina saya kerap kali gatal padahal dari segi kebersihan pakaian dalam, setiap hari saya selalu perhatikan bahkan hampir 4 kali sehari ganti. Apa factor penyebabnya dan apakah dapat mengganggu rahim saya kelak? Sedangkan saya belum menikah. Bagaimana cara menangulanginya?

Wassalam,
Mira- Jakarta Utara

Waalaikumsalamwarahmatullahiwabarakaatuh Mira,
Kalau benar Mira yakin sudah menjaga kebersihan dan kelembaban organ kewanitaan dengan baik, mungkin gatal di bibir vagina yang Mira rasakan bukan suatu infeksi tapi alergi atau iritasi. Apalagi rasa gatal tersebut tidak disertai keputihan. Sumber iritasi atau alergi bisa jadi bahan celana dalam, pemakaian panty liner, toilet paper, serta pemakaian sabun sirih atau yang lainya di sekitar vagina. Kalau rambut kemaluan jarang dicukur bisa juga menjadi penyebab rasa gatal.
Gatal pada bibir vagina yang disebabkan alergi atau iritasi, insyaAllah itu tidak akan menggangu kesehatan organ reproduksi dalam, termasuk rahim dan saluran telur sehingga tidak menggangu kesuburan, jadi Mira tidak usah khawatir.
Cara paling tepat untuk menanggulanginya adalah dengan menghindari penyebab. Kalau penyebab sudah dihindari, biasanya gejala gatal akibat iritasi dan alergi akan hilang dengan sendirinya. Kuncinya adalah kemampuan Mira mengenali pencetus atau penyebabnya. Namun jika penyebab sudah dihindari tapi gatal masih berlanjut atau jika gatal disertai dengan keputihan sebaiknya Mira memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaaan dan penanganan yang lebih adekuat karena boleh jadi itu merupakan suatu infeksi. Keputihan karena infeksi yang berlangsung lama memang bisa mengganggu kesehatan organ reproduksi.
Demikian Mira, mudah-mudahan keterangannya bermanfaat.Wallahu a’lam!

No comments: