Wednesday, June 6, 2007

Keputihan pertanda mau datang bulan...?

Assalamualaikum Dok,

Saya gadis berusia 12 tahun, saya punya masalah dengan keputihan dan menstruasi. Sudah hampir tiga tahun saya mengalami keputihan, kata orang-orang itu tanda mau menstruasi, tapi saya sendiri belum mengalami menstruasi. Dua bulan terakhir ini, saat pertengahan bulan saya mengalami keputihan yang berwarna coklat tetapi hanya satu hari. Saya sering memakai pantyliners, menggunakan sabun sirih. Tetapi keputihan saya tidak berhenti. Dok, bagaimana cara menghentikan keputihan saya? Apakah benar keputihan itu tanda-tandanya mau menstruasi? Apabila benar, bagaimana cara saya agar bisa datang bulan? Dan apakah saat keputihan saya berwarna coklat, tetep boleh solat?

Wassalamuallaikum, Lia-Depok

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Lia,
Pada anak perempuan beberapa tahun <> menjelang haid pertama datang dari vagina keluar cairan yang jernih atau keputihan. Hal ini terjadi karena perubahan hormone. Keputihan akibat perubahan hormonal biasanya masih dalam taraf normal karena tidak ada perubahan warna, bau, atau rasa gatal. Keputihan seperti ini tidak perlu dikhawatirkan. Penggunaan sabun sirih dan panty liners tidak begitu penting karena penggunaan panty liner terlalu lama malah akan menyebabkan bakteri terkumpul, sedangkan penggunaan sabun sirih yang terlalu berlebihan akan mematikan flora normal vagina.
Apabila keputihan yang berwarna coklat tersebut keluar pada pertengahan bulan apalagi disertai dengan tanda-tanda haid misalnya perut terasa tegang dan kram, badan lemes, dan lain-lain kemungkinan itu merupakan darah haid dan wajib bagi Lia untuk meninggalkan sholat selama cairan tersebut keluar.
Bagaimana Lia, udah dapat sedikit gambaran? Mudah-mudahan ya!
Wallahu a’lam!

No comments: